Cara Mudah Membuat Visa Turis Korea Selatan - Syarat Dokumen Pengajuan Visa Korea Selatan 2019

by - July 11, 2017

Ini adalah langkah ke dua persiapan perjalanan ke negeri ginseng Korea Selatan. Setelah selesai membuat pasport pada bulan mei lalu dilanjutkan dengan pembuatan visa. Cara pembuatan dan yang dibutuhkan dalam pembuatan pasport bisa dilihat di sini



Syarat yang perlu dilengkapi untuk pembuatan Visa ke Korea selatan antara lain:
1. Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto) . Formulir nya bisa di download di sini

2. Paspor Asli dan Fotokopi pada halaman identitas, halaman paling belakang beserta visa dan cap negara-negara yang telah dikunjungi.
Note: Paspor masih berlaku minimal 6 bulan
Jika mempunya paspor lama maka paspor lama juga harus disertakan dan di fotocopi juga.

3. Pas foto ukuran 3,5cm X 4,5 cm (berlatar putih)

4. Foto copy KTP

5. Foto copy Akta lahir atau akta nikah

6. Foto copy Kartu keluarga

7. Untuk yang berstatus karyawan: Surat keterangan kerja atau surat sponsor (isi suratnya menyatakan kalau kita adalah karyawan mereka dan menjamin kalau kita akan kembali keIndo)
Untuk freelancer/wiraswasta: surat pernyataan yang dibuat sendiri
- bisa dibuat sendiri, isinya menyatakan kalau kita adalah wiraswasta yang bergerak dibidang apa)
Untuk ibu rumah tangga: surat jaminan dari suami - dibuat oleh suami yang isinya menjamin kalau istrinya akan kembali ke Indonesia)
Untuk orang-tua yang dibiayai oleh anak: surat keterangan di atas materai yang ditandatangani oleh anak dan menyatakan kalau akan pergi liburan ke Korea Selatan dan semua ditanggung oleh anak.
Untuk yang masih kuliah atau sekolah dan biaya perjalanannya akan dibiayai ortu: Surat keterangan dari kampus atau sekolah dan surat pernyataan orang-tua
Jika sudah pensiun, harap menyertakan surat keterangan pensiun.

8. Slip gaji tiga bulan terakhir (boleh copy).

9. Rekening koran 3 bulan terakhir yang dilegalisir oleh bank.

10. Surat referensi bank atau surat keterangan bank yang menyatakan kalau peserta adalah nasabah bank tersebut.
Untuk yang biaya perjalanannya akan ditanggung orangtua atau suami/istri/anak, maka rekening koran yang diberikan adalah rekening orangtua, suami/istri/anak yang menanggung.

11. Surat pajak tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI .  
* Jika tidak memiliki SPT, harus melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan alasan tidak memiliki SPT tersebut.

Jika formulir di centang semua maka semua aman dan visa akan diterima. Semoga diterima.. amiin




Bagaimana cara mengisi form pengajuan visa ke Korea Selatan?

Yang perlu diperhatikan saat mengisi aplikasi visa ke Korea selatan :
1. Harus menggunakan huruf balok 
2. Tinta hitam
3 Jika disuruh memilih , pakai check list ya
4. jika kamu pilih pilihan lain harus isi ya di bagian lain (other)
5. Harus isi penuh ya sampai belakang. Jangan sampai kosong. dan periksa terlebih dahulu jangan sampai salah biar tidak ditolak .
1. PERSONAL DETAILS
1.1 Surname (Family name) (x) : Nama keluarga yang digunakan saat ini Misalnya nama suami / nama belakang.
Bagi yang namanya tunggal, lebih baik saat mengajukan passport mintalah tambahan nama, yang dapat digunakan nama Bapak atau Nama Kakek.

Surname at birth (Former family name(s)) (x) : Nama Keluarga saat lahir 

1.2 한자성명 漢字姓名 = 한자성명 漢字姓名  chinese character name atau karakter nama dengan tulisan cina, tapi biasa nya untuk WNI seperti kita kan tidak ada nama chinese nya jadi benar di kosongkan saja.


1.3 Sex : isi jenis kelamin kamu : Male (laki-laki) / Female (perempuan)

1.4 Date of Birth  (year-month-day) : Tanggal lahir dengan Format penulisan : tahun  – bulan – tanggal

1.5 Nationality : Isi kewarganegaraan kamu , jika kamu orang indonesia cukup tulis INDONESIAN (Pakai N ya dibelakang jangan sampai cuma INDONESIA saja)

1.6 Country Of Birth : isi negara saat kamu dilahirkan. Kalau saya di Indonesia, jadi saya tulis INDONESIA

1.7 National identity No : Isi dengan nomor KTP bagi yang sudah cukup umur. Kalau di bawah umur bisa pakai NIK di Kartu keluarga juga ada ko. NIK di KTP dan Kartu keluarga pasti sama tidak akan beda. Cek jangan sampai berbeda ya. kalau beda bisa ditolak lho.



1.8 Have you ever used any other names to enter or depart to Korea? : Saya orang Indonesia asli, Jadi saya jawab tidak (no) . Jika kamu memiliki nama lain isi ya (yes) kemudian tulis nama lain kamu.

1.9  Are you citizen of more country? : Jika kamu berkewarganegaraan ganda isi ya (yes) . Jika hanya satu kewarganegaraan isi tidak (no). K


FOR OFFICIAL USE ONLY (Abaikan saja, tidak usah diisi)

2. Hanya diisi apabila kamu telah mendapat konfirmasi penerbitan visa yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Korea Selatan. Maka apabila kamu tidak mempunyainya, sebaiknya dikosongi saja, karena tidak ada nilai minus apabila kamu tidak menjawab bagian ini.


3. PASPORT INFORMATION
3.1 Pasport Type : Kamu hanya perlu memberi tanda centang saja pada bagian ini. Pasort type apa yang kamu punyai. Kalau saya Regular .
Regular passport paspor biasa (paspor hijau)
Official passport paspor dinas (paspor hitam)
Other travel document dokumen lainnya

3.2 Pasport No : isi dengan nomor pasport 

3.3 Country Of pasport : negara pembuat pasport . Kalau saya isi INDONESIA karena saya orang indonesia. 

3.4 Place Of issue : tampat pembuatan pasport

3.5 Date of issue : tanggal pembuatan pasport

3.6 Date of expiry : tanggal berakhir pasport

3.7 Do you have any other valid passport? Apabila kamu masih mempunyai paspor lain yang masih berlaku jawab dengan ‘Yes’ dan isikan detailnya di bawah. Apabila ‘No’ maka kamu bisa langsung melaju ke tahap berikutnya, selamat!


4. CONTACT INFORMATION
4.1 Address in your home country : Isi alamat lengkap di negara yang kamu tinggali di Indonesia

4.2 Current Residential Address: Diisi hanya jika pemohon mengajukan permohonan diluar dari negara yang sesuai dengan kewarganegaraannya.
Misal. WNI mengajukan Visa dari Singapura

4.3 Cell Phone Number: Isi dengan nomor handphone yang kamu pakai dan aktif.

4.4 Telephone Number: Isi dengan nomor telepon rumah, bisa juga kamu kosongi apabila tidak mempunyai nomor telepon rumah.

4.5 E-mail: Isi dengan alamat surel yang kamu punyai. Surel adalah singkatan dari surat elektronik, terjemahan dari email.

4.6 Emergency Contact Information: Berikat kontak darurat yang berhubungan dengan kamu. Berikan detailnya pada kolom di bawahnya, seperti namanya dalam bahasa Inggris, negara tempat tinggalnya, nomor teleponnya, dan apa hubungannya dengan kamu. 





5. Marital Status Details
5.1 Current Marital Status: Isi dengan centang pada status pernikahan kamu, apakah kamu sudah menikah (Married), sudah bercerai (Divorced), dan apakah kamu belum pernah menikah (Never Married). Untuk yang belum menikah, saya doakan semoga segera didekatkan kepada jodohnya.

5.2 Spouse Details (if Married): Apabila kamu sudah menikah, isilah detail tentang pasangan kamu pada kolom di bawahnya, yang meliputi nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat tempat tinggal, dan nomor kontak yang dapat dihubungi.



6. EDUCATION
6.1 What is the highest degree or level of education you have completed? Jawab pertanyaan ini dengan level pendidikan tertinggi/terakhir yang telah kamu tempuh, apakah Master/Doktor, Sarjana, SMU dan sederajat, ataukah lainnya. 

6.2 Name of School: Tulis dengan nama kampus/sekolah di mana kamu menyelesaikan pendidikan terakhir tempat kamu dinyatakan lulus, walaupun dengan nilai pas-pasan.

6.3 Location of School: Jawab dengan lokasi/kota tempat kampus/sekolah tersebut berada.




7. EMPLOYMENT
7.1 What are your personal circumstances? Isi bagian ini dengan mencentang jenis pekerjaan yang paling tepat, meliputi entrepreneur, PNS, pelajar, hingga pengangguran, semua ada. Semoga juga yang pengangguran segera mendapat pekerjaan, supaya tidak merepotkan orang tua.

7.2 Employment Details: Berikan informasi detail mengenai pekerjaan kamu, yang meliputi nama perusahaan/sekolah, posisi yang kamu duduki sekarang, alamat perusahaan/sekolah tersebut, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

8. DETAILS OF SPONSOR
8.1 Do you have anyone sponsoring you for the visa? Jawab pertanyaan ini dengan ‘Yes’, apabila kamu mempunyai sponsor yang membiayai kepergianmu. Apabila kamu mensponsori diri kamu sendiri, maka jawablah dengan ‘No’. Namun ingat, apabila kamu menjawab dengan ‘Yes’ maka berikanlah detail mengenai sponsor kamu, yang meliputi nama sponsor, tanggal lahir/tanggal berdirinya bisnis, hubungannya denganmu, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.



9. DETAILS OF VISIT
9.1 Purpose of Visit to Korea: Jawab dengan apakah tujuan kepergian kamu ke Korea, apakah untuk wisata seperti saya, urusan diplomatik seperti para anggota DPR, ataukah untuk bekerja seperti ribuan TKI di Korea?
Tujuan ke Perancis untuk
Tourism turis :  jalan-jalan
Meeting, conference : Bertemu / melkukan konfersi pers
Medical Tourism : berobat
Business trip  : jalan-jalan untuk bisnis
Study : Belajar 
Work : bekerja
Trade/Investment : bertukar / investasi
Visiting family or friends :  mengunjungi keluarga/teman
Marriage migrant : migrasi nikah?
Diplomatic : perjanjian diplomatik
other : lain (isi lainnya ya)


9.2 Intended Period of Stay: Jawab dengan lamanya periode tinggal di Korea yang kamu rencanakan. Apabila hanya pergi ketika weekend, maka isilah dengan ‘Two Days’.

9.3 Intended Date of Entry: Berikan tanggal rencana kedatangan kamu di Korea, dengan format YYYY/MM/DD.


9.4 Address in Korea: Berikan alamat tempat tinggalmu di Korea, bisa juga kamu isi dengan alamat penginapan yang telah kamu pesan. Jangan tulis ‘Rumah Lee Min Ho’ kalau tak mau visamu ditolak.

9.5 Contact Number in Korea: Bagian ini, dapat diisi dengan nomor kontak kamu di Korea, atau cukup masukkan nomor telepon penginapan yang telah kamu pesan di Korea.

9.6 Have you travelled to Korea in the last 5 years? Centang ‘No’ apabila kamu tidak pernah ke Korea dalam lima tahun terakhir, dan centang ‘Yes’ apabila kamu pernah. Seperti biasa, apabila memilih ‘Yes’ maka kamu harus memberikan detailnya.

9.7 Have you travelled outside your country of residence, excluding to Korea, in the last 5 years? Apabila kamu pernah bepergian ke luar negeri dalam lima tahun terakhir, centang ‘Yes’ dan berikan detail yang meliputi nama beberapa negara yang pernah kamu kunjungi, tujuan kedatangan, dan lamanya kunjungan di sana.

9.8 Are you travelling to Korea with any family member? Berikan jawaban ‘Yes’ apabila kamu bepergian dengan anggota keluarga, dan seperti biasa, tulis detailnya.



10. FUNDING DETAILS
10.1 Estimated travel costs in US Dollars: Berikan estimasi biaya perjalanan kamu selama di Korea dalam mata uang Dolar Amerika. Berikan perkiraan perhitungan kurang lebihnya 100 Dollar per hari, dan yang perlu diingat bahwa estimasi biaya ini tidak boleh lebih tinggi dari jumlah tabungan yang kamu punyai.

10.2 Who will pay your travel-related expenses? Pertanyaan ini bertanya mengenai siapakah yang akan membiayai pengeluaran yang berhubungan dengan perjalanan kamu. Apabila biaya tersebut dari kocek sendiri, maka kamu dapat menulis jawabannya dengan ‘Myself’ dan berikan detailnya.

1.1 Did you receive assistance in completing this form? Apabila kamu mendapat bantuan dari pihak lain ketika mengisi formulir aplikasi visa ini maka beri tanda centang pada ‘Yes’ dan tulis detailnya pada tabel di bawahnya, yang meliputi nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, dan apa hubungannya dengan kamu.


12. DECLARATION
Bukan deklarasi kemerdekaan, hanya pernyataan bahwa kamu telah mengisi dengan benar, yang dilengkapi oleh tanda tangan kamu di bawah tanggal aplikasi.
Sekali lagi, tanggalnya ditulis dengan format YYYY/MM/DD.




Bagaimana contoh surat pernyataan kerja ke Korea Selatan?

Tegal, June 15th, 2017



Visa Department

Embassy of South Korea
Jakarta

To Whom It May Concern


I the undersigned :


Name : Nama yang menyatakan

Office : Nama kantor dan alamatnya
Occupation : jabatan yang menyatakan

Certifies that the under mentioned :


Name : Nama yang akan pergi 

Occupation : Jabatan yang akan pergi
Office : Nama Kantor dan alamatnya
Passport : Nomor passport yang akan pergi

She will visit South Korea due to holiday from July 13th to July 19th, 2017.


I do guarantee that she will not seek any employment or permanent stay in your country and will return to Indonesia after the end of the trip.


We request your cooperation to support us with a necessary visa and hope that you may kindly grant the Visa needed to enter South Korea.


Thank you very much for your kind attention


Your’s faithfully,





Nama yang menyatakan

Jabatan yang menyatakan





Bagaimana contoh surat pernyataan tidak ada SPT??



Tegal, Juli 12th, 2017


To Visa Section 

The Embassy of South Korea
Jakarta

Subject: Tourist visa application.


TO WHOM IT MAY CONCERN


Herewith, the undersigned inform that:


Name

Passport number
Date of Birth
Address
Phone

Who is working as sales executive for 

SEBUTKAN NAMA PT NYA,
Alamat Kantornya

I will be visiting South Korea for holiday. All expenses, covering airfares Jakarta - Seoul - Jakarta, transportation, accommodations, travel insurance, visa etc. during the trip will be born by my personal account.


I am not able to submit a SPT letter because sebutkan alasan tidak ada surat sptnya. 


I would grateful and appreciate if you could grant me permit to enter your country.


Thank you for your assistance and cooperation.



Faithfully yours,





Nama yang mengajukan




Waktu Pendaftaran dan Pengambilan Visa

Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~12.00
Pengambilan Visa : 13.30~16.30
Lama Proses Pembuatan Visa : ± 5 Hari Kerja ( Proses bisa lebih dari 5 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)
Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

Biaya Pembuatan Visa (Update 1 October 2015)

Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 520.000,- 560.000,-
Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 780.000,-
Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.170.000,- 1.260.000
Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 910.000,- 980.000,-
Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.


Alamat dan Kontak Kedutaan Besar Korea Selatan

Alamat :Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950 
E-mail : koremb_in@mofa.go.kr
No. Kontak 
(TEL) 62-21-2967-2555 
(FAX) 62-21-2967-2556/2557
Konsulat (TEL) 62-21-2967-2580, (Fax) 62-21-2967-2581
(No. Tel. Darurat) 62-811-852-446
Jika Anda memerlukan informasi atau ingin menyampaikan saran, dipersilahkan untuk menghubungi nomor sebagaimana tertera di atas.

Semoga post saya bisa membantu teman-teman yang ingin mengurus sendiri Visa Korea Selatan. 

November please come faster~ ^^

You May Also Like

53 comments

  1. Hi, thank you for the very helpful content :)
    Mau tanya, untuk funding detail (travel cost per hari) dan tabungan kita harus beda lebih jauh atau ngepas ngepas ga apa apa? hehe. Karena kalau ga salah dana yang dihitung hanya yang di tabungan (deposito & tabungan berjangka nggak bisa) :)

    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Poppy. Boleh ngepas, tapi disarankan agar melebihi sedikit. Semoga membantu ^^

      Delete
    2. boleh minta saran dong biar aman kira2 berapa yah saldo yang harus kita pnya untuk kunjungan 7/8 hari biar visa nya approve makasih

      Delete
    3. Hii Kak Hany
      Kamu bisa menggunakan perhitungan dengan asumsi biaya hidup harian di Korsel sebesar Rp1,8 juta dikali dengan jumlah hari liburanmu.

      Semoga membantu

      Delete
  2. halo , mau nanya soal pengajuan visa
    kalo kita akan berangkat misalnya bulan februari, bisa ga kita ajukaan visa bulan desember ??
    karena walau visa berlaku 30 hari tapi Visanya sendiri bukan nya tahan 90 hari yah ??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Indira Ismand. Pengajuan Visa bisa dilakukan juga di bulan Desember. Visa ada masa berlakunya saat menagjukan tinggal tulis saat mengisi form nya berada di Korea mulai tanggal berapa sampai tanggal berapa. . Kalau saya waktu itu mengajukan visa di bulan september untuk keberangkatan bulan november . semoga membantu ^^

      Delete
  3. hallo kak, salam kenal nama saya rosi

    saya mau tanya, jika saya memiliki sahabat di korea dan dia ingin menjadi sponsor saya, persyaratan apa saja yang harus teman saya lengkapi untuk pengajuan saya kekorea ?? mohon bantuannya kak.. terima kasih (ini alamat email sy untuk membantu menajwab pertanyaan saya: rosiannaross@gmai.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Rossi. Teman kamu yang berada di Korea diharuskan membuat surat sponsor ke Korea terlebih dahulu. semoga membantu ^^

      Delete
  4. Kak, adakah kontak dri kantor visa yang dapat dihubungi? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Yoga, berikut kontak dari Kedutaan besar Korea Selatan

      E-mail : koremb_in@mofa.go.kr

      No. Kontak
      (TEL) 62-21-2967-2555
      (FAX) 62-21-2967-2556/2557
      Konsulat (TEL) 62-21-2967-2580, (Fax) 62-21-2967-2581
      (No. Tel. Darurat) 62-811-852-446

      Jika kamu memerlukan informasi atau ingin menyampaikan saran, dipersilahkan untuk menghubungi nomor sebagaimana tertera di atas.

      semoga membantu

      Delete
  5. mba, ak mau tanya klo ak mau apply visa sekarang trs SPT yg ak punya adalah SPT tahunan thn kemarin yg dikeluarkan kantor Januari 2017. Sedangkan SPT tahunan selanjutnya nnt keluar awal thn dpn. Apa bisa pake itu? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Sevira. Karena SPT dikeluarkan kantor bulan januari 2017 dan kamu mau buat visa bulan ini bisa menggunakan SPT Bulan januari 2017 ya.
      Tapi jika kamu mau buat visa bulan januari 2018 kamu harus menggunakan SPT bulan januari 2018 . ^^

      semoga membantu

      Delete
    2. hihi makasih udah dibales. Ak mau pergi nya rncana tgl 18 Januari 2018, jd mau bikinnya dr bln skrg aja biar ga mepet.

      oiya klo utk penulisan alamat apakah harus pake english jg ga?
      (kyk Jl. Kebon Keruk no. 123, Jakarta Barat -> apa hrs di-english-kan xD maap byk nanya maklum baru pertama apply visa korea hehe)
      dan di bagian place of issued paspor harus tulis Jakarta Selatan apa South Jakarta ya?

      Delete
    3. Penulisan alamat seperti biasa saja, tidak usah di-english-kan . Tulis jakarta selatan saja bisa kak

      Delete
  6. Halo mba, mau tanya dong, klo untuk Rek Koran itu emang mesti dan harus di Legalisir ya ? biasanyakan kita donlot dari Internet banking dan Print aja ke bank hanya minta refrensi bank yang menyatakan saldo kita dan account kita d bank tersebut. apa harus di legalisir ketentuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Kak.
      Rekening Koran Wajib sekali di legalisir dan tidak bisa di print sendiri. Jadi Rekening Koran dan Referensi Bank harus dikeluarkan langsung oleh bank yang bersangkutan. Jika tidak maka visa kamu akan ditolak.

      Delete
    2. Tambahan. Legalisir harus per halaman Rekening Koran ya.

      Semoga membantu

      Delete
  7. Selamat malam, saya berniat mau bikin visa korea saya berstatus mahasiswa orang tua saya selaku sponsorship saya seorang wirausahawan dan tidak memiliki spt bagaimana baiknya saya dalam melampirkan keterangan tersebut, terimakasih
    Mohon dijawab 😊(dalam hal ini orang tua saya selaku wirausaha dan belum memiliki npwp)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Zenica. Orang tua harus membuat NPWP terlebih dahulu, bisa via online atau langsung mendatangi kantor pajak.

      Semoga membantu.

      Delete
  8. Hai mba, mau tanya dong untuk formulir aplikasi visa di website yang disebutkan kok tidak bisa ya? Keterangannya menyebutkan ada perubahan alamat website namun setelah ditelusuri ke bagian Indonesia, form aplikasi visa untuk wisata dan keluarga, lampirannya hanya 1 lembar berbahasa korea pula....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Belinda, terima kasih atas informasinya. Tahun ini ternyata mengalami perubahan link, tapi tata cara pengisian masih sama. Link nya sudah saya perbaiki.

      Semoga membantu ^^

      Delete
  9. hai mbak.., mau tnya ya. awal maret 2018 renc akan ikut tour ke korea.
    cmn nama saya di ktp dengan paspor berbeda (beda di spasi aj sih ). krn nama di paspor mengikuti akta
    kelahiran.
    misal. di ktp "sely nur andina" sedangkan di paspor "sely nurandina".
    klo spt itu pembuatan visanya bermasalah tdk ya?
    mohon bantuannya.. terimakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Joko, jika terjadi masalah demikian sebaiknya perbaiki terlebih dahulu KTP nya. Karena nama pemilik VISA dibuat berdasarkan Akte kelahiran. karena nama di Akte Lahir adalah nama legal.
      Permasalahannya hampir sama dengan di link berikut.
      https://lapor.go.id/pengaduan/1724073/imigrasi/nama-di-paspor-berbeda-dengan-nama-yang-tertera-di-ktp.html

      Semoga membantu 😊

      Delete
  10. halo kak, mau tanya donk saya pengen ke korea belajar bahasa korea trus ada recomended gk universitas apa yang bagus, karena saya ingin apply visa pelajar tapi belum tau pilihan universitasnya..bisa dibantu gak ya kak..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak. mohon maaf kak saya tidak bisa merekomendasikan ke Universitas mana. Jika ingin kuliah bahasa korea saran saya kuliah di Indonesia dulu, nanti biasanya ada pertukaran pelajar nanti bisa ke Korea saat pertukaran pelajar.

      Semoga membantu 😊

      Delete
  11. Halo Mbak, infonya sangat berguna sekali. Saya mau tanya mbak, untuk fotokopi dokumen harus berwarna kah? klo fotokopiannya hitam putih boleh ga mba? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotokopy hitam putih bisa kak.

      Semoga membantu

      Delete
  12. Maaf mbak mau tanya. Untuk saya yg akan korea dgn status masih mahasiswa. Utk dokumen slip gaji, referensi bank, dan SPT itu dokumenya orang tua ya yg kita lampirkan? Kemudian, dokumen (slip gaji, referensi bank, dan SPT) itu cukup dokumen Ayah saja atau harus Ayah dan Ibu. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak..
      bisa menggunakan slip gaji, reverensi, spt ibu/bapak. bisa pilih salah satu..

      semoga membantu

      Delete
  13. Mau nambahin untuk poin 1.2 한자성명 漢字姓名 itu chinese character name atau karakter nama dengan tulisan cina, tapi biasa nya untuk WNI seperti kita kan ga ada nama chinese nya jd benar di kosongkan saja:)

    ReplyDelete
  14. Ka mau tanya dong.
    KTP n passport aku namanya sama, cuma di akte yang beda contoh Maulidiyah di KTP + Passport and ijazah2, tapi di akte Mauludiyah. Beda u dan i.
    Itu gimana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak DM seharusnya nama mengikuti di Akte yah. kalau seperti itu kasusnya coba kakak mengajukan dengan nama sesuai KTP nya.
      semoga membantu

      Delete
  15. hallo Kak mau nanya klo untuk rekening korang apakah semua lembar harus dicap..soalnya saya dapat dari BANK BNI hanya dicap di bagian lembar terakhirnya saja. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Astri.
      Waktu pengajuan Rekening koran 3 bulan terakhir yang dilegalisir oleh bank (per lembarnya wajib dilegalisir) jika tidak nanti ditolak oleh Kedutaan Besar.
      Semoga membantu ^^

      Delete
  16. Hi ka mau tnya kalau nama saya satu suku kata contoh anisa tapi passpor saya 3 suku kata karena wkt awal pembuatan paspor untuk umroh jd ditambahkan nama ayah saya,misalnya (anisa muhammad karim) .
    ktp, akte , ijazah semua namanya anisa aja ka..gimana ya ka kalau gt masalahnya?

    Trmksh bnyak ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii kak Habibah
      Jika sudah terlanjur menggunakan 3 suku kata sebaiknya
      1. Pada saat memperpanjang (mengganti) paspor, ganti nama menjadi nama asli.
      Beri tahukan kepada petugas wawancara untuk menggunakan nama asli kita sesuai akte pada paspor kita. Nanti mungkin ditanya-tanya alasannya. Bilang saja baik-baik dan apa adanya, bahwa nama belakang ini sering membuat masalah di luar negeri. Pastikan bahwa petugas wawancara paham dan benar-benar mengubah nama kita di sistem.
      2. Mengganti paspor saya ke e-paspor di kantor imigrasi. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, saat Anda membayar biaya paspor di ATM, ataupun mengecek status paspor di layar elektronik di kantor imigrasi, yang keluar di layar adalah nama tiga kata. Jangan khawatir, nantinya nama yang keluar di paspor adalah nama yang sudah betul. Hal ini karena imigrasi menyimpan dua informasi: nama pemohon, dan nama yang ingin dicetak pada paspor.

      Semoga membantu.

      Delete
  17. Mau tanya, bu.
    1.kalau nama saya tunggalsaja di Family Name di kosongin masalah ga?
    2.Kalau yang detail of sponsor ,,ini dari instansi yang memberangkatkan Relationship nya di isi apa ya sebaiknya?
    3.kalau untuk ke korea 3 hari dan meeting dengan perusahaan terkait, status VISITNYa, Business Trip atau Meeting,conference?
    4.funding details, ini kan kita dikasih uang saku oleh instansi dan nanit di korea belanjakan sendiri, pengisianya mending"Myself" aja biar ga ribet ga masalah kanya?

    mohon infosnya.

    Terima
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Pak Gunawan
      1. Gunakan nama sesuai Kartu Keluarga, KTP, dan AKTE saat mengisi Family name. Jika nama tunggal (family name dikosongkan).
      2. Diisi yang mengeponsori dari mana dan infokan detail mengenai sponsor kamu, yang meliputi nama sponsor, tanggal lahir/tanggal berdirinya bisnis, hubungannya denganmu, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
      3. isi => Meeting, conference : Bertemu / melkukan konfersi pers
      4. Diisi mayself agar tidak terlalu ribet.

      Semoga membantu

      Delete
  18. Hai, kak.
    Saya ingin bertanya, apakah pembuatan VISA harus melampirkan e-KTP atau KTP versi lama tidak apa-apa?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Kak
      Gunakan KTP yang masih berlaku ya.

      Semoga membantu

      Delete
  19. Hai mba Nely,
    Mau tanya kalau ibu rmh tangga alasan utk surat tidak punya spt nya apa ya? Saya rencana pergi tidak sama suami, dan suami jg tidak punya spt karena baru buat npwp. Apakah diperlukan juga surat tdk puny spt utk suami mba? Makasih 🙏🏼🙏🏼

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii Kak Yulia,
      Jika tidak punya SPT maka buat surat pernyataan tidak punya SPT .
      Pada bagian : I am not able to submit a SPT letter because sebutkan alasan tidak ada surat SPTnya (pakai bahasa inggris).

      Contoh suratnya sudah ada di postingan ini.

      Semoga membantu ^^

      Delete
    2. Enaknya tulis alasan apa ya yg meyakinkan mba? Apa blg aja ibu rmh tangga yg tdk ada penghasilan sehingga ga lapor pajak? 😅😅😅

      Delete
    3. Hii Kak Yulia.
      Pakai alasan ibu rumah tangga sehingga tidak memiliki penghasilan juga bisa.

      Semoga membantu ^^

      Delete
  20. Hai kak!! Aq mau tanya..kalo apply Visa ke Korea, surat jaminan(surat ijin ortu/surat ijin suami) itu wajib di lampirkan? Bisa di ganti dgn surat pernyataan pribadi gak? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ke sana dan baiaya hidup di sana atas biaya sendiri tidak usah dilampirkan.

      semoga membantu

      Delete
  21. hai ka~ aku mau tanya soal apply visa korea.
    1. jadi kan sy rencana mau resign nanti sebelum sy resign sy mau apply 10 sept an sy mau berangkat schedule 12 - 22 okt, nanti apa ada problem,soalnya saya takut di tanya macem" sm HRD sy.
    2. karna sy schedule kan 11 hari jadi sy harus punya nominal brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau posisi approve visa sebelum resign tidak ada problem biasanya.
      2. Estimasi hitung saja per hari untuk biaya transport dan makan saja 700 ribu X lama ada di sana .

      Delete
    2. ka nely kalo untuk SPT Pph 21 aku kan NIHIL (blm ada potongan karena penghasilan di bawah 60jt) jadi nanti gimana yah? atau saya harus buat surat keterangan?

      Delete
    3. tidak usah buat surat keterangan. cukup lampirkan copy SPT PPH 21 nihil di berkas pembuatan Visa .

      Delete
  22. kalo untuk cetakan printer SPT nya minta ke kantor pajak langsung?

    ReplyDelete