APA YANG HARUS DIPERHATIKAN JIKA TRAVELLING ATAU BACKPACKERAN KE KOREA SELATAN?

by - September 30, 2017


Assalamaualaikum, Annyong hasseyo Chingudeul. Postingan ini adalah lanjutan dari postingan tentang syarat dokumen pengajuan visa ke Korea Selatan. Jika visa sudah disetujui maka langkah selanjutnya adalah memperhatikan apa saja yang perlu banget diperhatikan sebelum ke Korea Selatan , dan apa saya yang perlu dibawa saat ke Korea selatan .... yeeyyy


PERBEDAAN WAKTU DAN SUHU

WAKTU
Korea, Seoul : memiliki waktu lebih cepat 2 jam dari pada di Indonesia Bagian Barat (WIB) .

SUHU
Suhu di seoul antara 13 derajat celcius sampai dengan 14 derajat celcius. 
NOTICE : Suhu udara dapat turun derastis apabila terjadi hujan/ kabut/ angin .



PAKAIAN DAN SEPATU 
Untuk mengantisipasi dinginnya cuaca, sangat amat disarankan untuk membawa pakaian luar yang sangat seperti, topi, jaket, coat (tersedia juga lho di online shop NEC SHOP KPOP ) , longjohn, syal. Sarung tangan.
Jangan lupa untuk membawa pelembab kulit dan bibir untuk mencegah kulit dan bibir kamu menjadi kering. Jadi sangat dianjurkan untuk memakai sepatu kets yang tidak terbuka dan harus nyaman ya saat berjalan. Baik juga jika mengunakan kaus kaki biar tidak kedinginan. Karena suhu di Korea itu super duper dingin. Kalau sudah biasa tinggal di pegunungan mungkin sudah lumayan terbiasa dengan suhu seperti ini. Jika tinggal di Kota ataupun daerah dataran rendah akan sedikit shock karena baru tau.


MAKANAN
Untuk makanan jangan lupa bwa makanan dari Indonesia alias semacam cemilan-cemilan seperti saos sambal, keripik kentang, abon sapi, dan sebagainya. Karena nanti di sana pasti banget makanannya beda banget dengan makanan di Indonesia. 



MATA UANG
Jangan lupa persiapkan mata uang WON dalam pecahan kecil.
1 WON = Rp. 12 – Rp. 14
1 USD = Rp. 13.346 atau bisa dibuka di www.klikbca.com (6 maret 2017)
1 USD = + KRW 1.155 – KRW 1.200

Jika kira-kira kehabisan uang dan harus menarik uang di ATM di Korea Selatan. Mayoritas ATM di Korea itu menerima kartu berlogo Plus dan Cirrus. Kartu International lainnya yang cukup banyak diterima di Korea adalah electron, Maestro, China UnionPay, dan JCB. 

Lalu bagaimana dengan citybank?
Kartu ini juga diterima secara luas di Korea Selatan, mulai dari ATM, urusan perbankan lainnya hingga menjadi alat pembayaran.

Untuk jam operasional bank, rata-rata mulai pukul 09.00 – 16.00 (hari kerja). Sedangkan untuk kantor pemerintahan , mulai pukul 09.00 – 18.00 (hari kerja) . Untuk toko komersial rata-rata buka pukul 10.30 – 20.00 . 


OBAT – OBATAN
Jika kamu memiliki penyakit khusus (yang sudah diderita di Indonesia) dianjurkan untuk membawa obat-obatan pribadi.
Seperti : Diabetes, Jantung, Asma, alergi, dll


HANDPHONE 
Penggunakan handphone jenis GSM tidak dapat digunakan selama kamu berada di Korea, KECUALI handphone tersebut memiliki fasilitas 3G dan WCDMA. Kamu dapat menyewa wifi  dari indonesia. Penyewaan rujukan bisa ke website http://www.travelgare.co.id  atau juga bisa ke website http://wi2fly.com/id/wifi

Plug listrik di Korea Selatan sama dengan di Indonesia, yaitu tipe 2 tangka bulat. Sedangkan standar voltase nya 220 v.




BAGASI 
Maximal bagasi total 31 kg per orang yang harus kamu bagi dalam 1 bagian : yaitu 22 kg dan 9 kg . 
Kamu juga tetap bisa membawa maximal berat 7 kg di atas cabin.




INFORMASI TAMBAHAN
  1. Demi kenyamanan dan keamanan diharapkan untuk menggunakan tas dan bagasi yang kuat serta memiliki kunci ganda sehingga keamanan barang pribadi terjamin.
  2. Untuk barang berharga dan juga uang tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam bagasi, diharapkan agar dapat disimpan di dalam tas tangan/ hand carry.
  3. Dilarang keras membawa barang yang berbentuk tajam di dalam tas tangan (misalnya cutter, gunting kuku, gunting kecil, pisau cukur, korek api, dll)
  4. Sudah diberlakukan peraturan mengenai membawa cairan, penyemprot aerosol dan gel melalui pemeriksaan keamanan sebelum penerbangan internasional. Apabila ingin membawa cairan tersebut ke dalam tas tangan / hand carry maka harus dimasukkan di dalam kantong plastik transparan / tembus pandang dengan ukuran 20 cm X 20 cm  dan masing-masing barang tidak lebih dari 100 ml. 




READY FOR GOES TO KOREA?

You May Also Like

0 comments