[LETS GO TO KOREA AGAIN] 5 APRIL 2019

by - October 11, 2018

Beli tiket promo garuda untuk 2 orang PP 10 jutaan pada acara Garuda Indonesia Travel Fair 2018 di Jakarta Convention Center tanggal 5-7 Oktober 2018.
Seneng banget dapat promo murah PP untuk 2 orang segini.. yeah...
walaupun transit dulu ke Bali sebelum akhirnya ke Seoul.
Keberangkatan 5 April 2019 . Drai jakarta pukul 16.25 WIB , kemudian sampai di bali pukul  19.30 WITA
Kemudian dilanjutkan perjalanan ke Seoul, Korea dari Bandara Ngurah Rai Pukul 01.10 WITA  dan sampai di Bandara Incheon Pukul   09.15 KST

Pulang 14 APRIL 2019

KELAS M DAN L
Jika Anda perhatikan dengan detil, terdapat 1 huruf alfabet pada tiket pesawat yang Anda miliki. Huruf tersebut menyatakan/mewakili kelas terbang (First/Business/Economy Class) dan kelas tiket (umumnya disebut dengan sub-kelas) yang Anda beli. Selain untuk menandakan perbedaan pada letak kabin dan fasilitas yang Anda dapatkan pada kelas terbang, huruf tersebut juga berfungsi menandakan harga dan fasilitas tambahan yang Anda beli sewaktu melakukan pemesanan, termasuk juga perhitungan yang akan dilakukan maskapai jika Anda hendak reschedule/refund tiket.

Perbedaan Sub-kelas
Sampai saat ini, tidak ada kesepakatan/peraturan tentang penamaan sub-kelas tiket. Masing-masing maskapai memiliki sistem/cara sendiri untuk memberikan nama kelas sehingga sub-kelas T pada maskapai A bisa jadi adalah sub-kelas R pada maskapai B. Namun demikian, secara global umumnya simbol/kode sub-kelas tiket memiliki arti sebagai berikut.

F dan P adalah tiket dengan harga termahal (full fare) untuk First Class;
J dan C adalah tiket dengan harga termahal (full fare) untuk kelas Business dan Executive;
Y hampir pasti merupakan kode untuk kelas Ekonomi di maskapai mana pun;
B, H, L, M, dan V adalah kode sub-kelas yang membedakan fasilitas atau pembatasan tertentu pada tiket yang Anda beli; dan
X, U, dan R sering digunakan untuk menandai tiket yang dibeli dari konsolidator. Konsolidator adalah perusahaan yang membeli tiket langsung dari maskapai penerbangan dengan harga diskon khusus, kemudian menjualnya kembali kepada agen perjalanan atau pelanggan dengan harga yang jauh lebih rendah daripada harga yang dipublikasikan. https://www.skyscanner.co.id

Benefit Sub-kelas
Dengan mengetahui sub-kelas tiket yang Anda beli, Anda dapat mengetahui pembatasan yang berlaku pada tiket Anda. Pembatasan ini dapat berupa jumlah/berat jatah bagasi check-in, biaya yang dikenakan untuk reschedule/refund, jenis makanan yang diberikan untuk Anda, masa berlaku tiket, dan lain-lain. Jika Anda dan partner membeli tiket dengan tujuan yang sama tetapi dengan sub-kelas tiket yang berbeda, maka saat Anda ingin reschedule, biaya yang dikenakan bisa berbeda, bahkan sangat mungkin satu sub-kelas tiket tertentu tidak bisa di-reschedule.

Contoh: Jika Anda hendak refund tiket maksimal 72 jam sebelum penerbangan, pemilik tiket Garuda Indonesia dengan sub-kelas C dan J akan mendapatkan refund dengan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10%, sementara pada Lion Group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air) tiket dengan sub-kelas O akan mendapatkan refund dengan dikenakan biaya pembatalan 20% (selain sub-kelas O dikenakan biaya 25%).

You May Also Like

0 comments