Sukses Lewat Jalur Langit

by - November 08, 2023

 


Sukses Lewat Jalur Langit

1. Puasa Senin Kamis
Nabi Muhammad SAW bersabda:
“تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ”

Artinya, “Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan lainnya).

Niat puasa sunnah Senin
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya: "Saya niat puasa pada hari Senin, sunat karena Allah Ta'aalaa."

Niat puasa sunnah Kamis
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya: "Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta'aalaa."

2. Baca Al-Waqiah (Setelah Subuh) – Hari kiamat – 96 Ayat
Surat Al-Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat terjadi. Selain itu, dalam surat ini juga terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api, dan segala jenis tumbuhan yang sekaligus menerangkan kekuasaan Allah SWT, serta akan adanya kebangkitan yang benar adanya.
Manfaat : Ditunaikan Hajatnya, Jadi Hartawan yang Dermawan, Dijauhkan dari Kemiskinan,  Memperoleh Kekayaan Berlimpah,  Mempermudah Roh Keluar dari Jasad,  Diringankan  Saat  Sakit, Tidak  Akan Ditimpa Kekafiran, Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga. 


3. Baca Al-Mulk (Setiap Malam) – Kerajaan -  30 Ayat – Menjauhkan siksa kubur (Baca sebelum stidur)
Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat Makkiyah, terdiri atas 30 ayat. Dinamakan Al Mulk yang berarti Kerajaan di ambil dari kata Al Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat ini disebut juga dengan At Tabaarak yang berarti Maha Suci. 
keutamaan Al Mulk bisa menjadi penolong atau penghalang dari siksa kubur bagi manusia yang sering membacanya.
keutamaan surat Al Mulk  :  Membahagiakan Nabi Muhammad SAW,  Menyelamatkan dari Siksa Kubur, Menaikkan Derajat, Memberikan Syafaat di Hari Kiamat.

Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat "Tabarak".

4. Baca 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah (Sebelum Tidur)

Dari Abu Mas'ud Al-Badri, Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: "Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan." (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808).

Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah yakni ayat 285 dan 286. Berikut bunyi bacaan 2 ayat terakhir surat Al Baqarah lengkap dengan latin dan artinya:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: "Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali," (Al-Baqarah:285)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.", (Al-Baqarah:286)

Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah :
a. Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud bahwasanya ia berkata, "Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah pada malam hari, maka itu cukup baginya."
b. Diriwayatkan dari Nu'man bin Basyir dari Nabi bahwasanya beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menulis kitab (Lauh Mahfuzh) dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Dia menurunkan dua ayat dari kitab tersebut yang menjadi akhir Surat Al-Baqarah dan tidaklah seseorang membacanya di dalam rumah selama tiga malam kecuali setan tidak akan memasukinya."

5. Baca Al-Kahfi (Setiap Malam/ Hari Jumat)
Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat
1. Dari Abu Said Al-Khudry ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka terpancarlah baginya cahaya dari bawah telapak kakinya sampai ke penjuru langit, yang meneranginya pada hari Kiamat, dan dia dị ampuni di antara dua Jum'at."
2. Dilindungi dari fitnah Dajjal
3. Bacaan surat Al-Kahfi juga memberi syafaat bagi umat muslim yang membacanya. Salah satunya yakni sebagai ungkapan rasa bersyukur sekaligus pengingat datangnya hari kiamat.



6. Baca Surah Yasin (Setiap Malam Jumat)
Keutamaan Membaca Surat Yasin 
Riwayat ad-Darimi dan at-Tirmidzi misalnya, mengatakan bahwa Rasulullah SAW menyebutkan, segala sesuatu ada jantungnya, dan jatung Alquran adalah surat Yasin. Barang siapa membaca surat Yasin, Allah SWT mencatat pahala membacanya seperti sepuluh kali membaca Alquran.
Syekh Muhammad kembali menjelaskan, keutamaan surat ini sangat banyak. Surah Yasin adalah jantung Alquran yang bisa menghilangkan kesedihan, membantu membuka terbukanya jalan keluar dari beragam masalah dan ujian. 
Seperti yang ditegaskan para wali Allah mereka berpesan, barang siapa yang rajin dan istikamah membaca surah ini dan benar-benar menghadirkan jiwa raganya, Allah akan mencukupi keperluannya, memberikannya jalan keluar dari impitan masalah, dan memberi kemudahan atas ragam kesulitan yang dihadapi.


7. Sebelum Tidur : 
a. Wudhu
b. Sholat Witir (Rakaat Ganjil) 
Manfaat Melaksanakan Sholat Witir :
- Menghindarkan diri dari perbuatan maksiat.
- Mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.
- Mendapatkan kedudukan yang mulia dari Allah SWT.
- Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Niat Sholat Witir Tiga Rakaat Sekaligus

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ )مَأْمُوْمًا / إِمَامًا( لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat sunah witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, (makmum/imam), karena Allah Ta'ala."

Doa Setelah Sholat Witir
Setelah melaksanakan sholat witir, dapat dilanjutkan dengan membaca bacaan doa witir sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا حَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِينًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِينًا قِيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلُ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَكُمْ تَقْصِيرُنَا يَا اللَّهُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: sholat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.

a. Baca Al-Fatihah
Referensi Shahih karya Imam Ibnu Katsir Jalaluddin Al Mahally & Jalaluddin As Suyuthi, makna surat Al Fatihah berisikan pujian kepada Allah, mengagungkanNya, dan menyanjungNya dengan menyebut asma-asmaNya yang terbaik
Surat ini juga menyinggung hari pembalasan. Imam Ibnu Katsir Jalaluddin Al Mahally & Jalaluddin As Suyuthi menafsirkan hal itu ditujukan agar hambaNya dapat memohon dan merendahkan diri kepadaNya. Selain itu, makna surat Al Fatihah juga membawa pesan untuk ikhlas dalam beribadah kepadaNya.

b. Ayat Kursi
        Keutamaan Membaca Ayat Kursi
- Dilindungi dari jin dan setan
- Mendapat perlindungan Allah SWT
- Ayat paling utama dari seluruh ayat Al-Qur'an
- Dimudahkan masuk surga
- Ayat yang agung melebihi langit dan bumi Rasulullah SAW pernah bersabda terkait keagungan Ayat Kursi. Disebutkan bahwa Ayat Kursi memiliki keagunan yang melebihi langit dan bumi. 

"Seperti diceritakan Abdullah bin Mas'ud: "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)." Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR Tirmidzi).

Bacaan Ayat Kursi Lengkap
Berikut ini adalah bacaan Ayat Kursi lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

"Ayat Kursi Lengkap: Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya
Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Maha Agung." (QS. Al-Baqarah: 255)

c. Membaca Surat Pendek
Amalan sebelum tidur Rasulullah adalah membaca surat pendek seperti Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Ketiga surat ini tak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur. Dari Aisyah RA berkata:

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Artinya: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

d. Salawat Nabi Dan Para Sahabat
1. Sholawat Atas Nabi Muhammad
صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد
Shallallahu 'Ala Sayyidina Muhammad
Artinya: “Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.”

2. Sholawat Atas Nabi Muhammad dan Keluarganya
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma’in
Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya.”

3. Sholawat Mukafa’ah
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

4. Sholawat Hajat Dunia Akhirat
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ
Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada ahli keluarganya”

5. Sholawat Ummy 
اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ
Artinya: “Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”

e. Dzikir 3x
Dzikir menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Berikut bacaan dzikir harian yang bisa dibaca setelah sholat agar mendapatkan ketenangan hati setiap harinya. 
1. Istighfar (Astagfirullahal’azim) 3 Kali : Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung
2. Tasbih (Subhanallah) 33 Kali: Maha Suci Allah.
3. Tahmid (Alhamdulillah) 33 Kali: Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
4. Takbir (Allahu Akbar) 33 Kali: Allah Maha Besar.
Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahuu Laa Syariika Lah, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa’Alaa Kulli Syai’in Qadhir. :“Tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang mempunyai kekuasaan dan kerajaan yang memerintahkan, bagi-Nya segala puji-pujian yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”


8. Tahajud 2/4 Rakaat
Mengerjakan sholat sunnah tahajud pada waktu setelah Isya’ sampai pukul 22.00. 
Mengerjakan sholat sunnah tahajud pada pukul 22.00 sampai 01.00 dini hari
Melaksanakan sholat sunnah tahajud pada pukul 01.00 sampai menjelang waktu Subuh
Akan tetapi, waktu paling utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir yaitu sekitar pukul 1 dini hari sampai menjelang waktu Subuh. Hal ini lantaran pada waktu tersebut Allah SWT akan mengabulkan setiap permintaan makhluk-Nya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, 
Berikut bacaan niat sholat tahajud yang bisa dihafalkan:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA.
Artinya:
"Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala." 

Doa Setelah Sholat Tahajud :
Berikut doa setelah sholat tahajud:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Artinya:
"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

9. Sholat Subuh Tepat Waktu

10. Sedekah Subuh
Sedekah pun tidak hanya berupa uang, namun dapat dilakukan dengan berdzikir, berbagi makanan, mengajar ngaji serta berbuat kebaikan untuk orang lain. Marilah kita mulai untuk sedekah subuh. Walaupun sedikit namun tetap istiqomah. 

Ketika kita niat dan sungguh-sungguh dalam meminta, Allah pasti akan qobulkan. Niatkan dengan khusyuk ketika kita ingin bersedekah, misal;
“Ya Allah.. dengan sedekah ini, aku ingin terbebas dari hutang dan di lancarkan  rezeki ku.”
Sedekah di waktu subuh ini berbeda dengan waktu lainnya. Sebab ketika kita sedang bersedekah untuk mendapatkan ridho-Nya, sebagian orang masih terlelap. Dan malaikat langsung menyampaikan doa kita kepada Allah SWT.

11. Sholat Sunnah Subuh

12. Nagji Sebelum Matahari Terbit

13. Shalat Dhuha 2/4 Rakaat

14. Dengar Murotal 10 Menit

15. Sholat 5 Waktu

16. Setelah Sholat Wajib Baca (Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x, Lanjut Ayat Kursi, Salawat Nabi 10x)



Sholat Sujud Terakhir Itu Sendiri

1. اللهم إني أسألك حسن الخاتمة (Artinya: “ Ya Allah Aku Meminta Kepada-Mu Husnul Khotimah." ) 

2. اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت  ( Ya Allah Berilah Aku Rezeki Taubat Nasuha (Atau Sebenar-Benarnya Taubat) Sebelum Wafat.)

3. اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك ( “ Ya Allah Wahai Sang Pembolak Balik Hati, Tetapkanlah Hatiku Pada Agama-Mu.")

Amalan Sebelum Tidur
1. Baca Surah Al-Ikhlas 3x
2. Shalawat Nabi 3x (Allahumma Shalli' Alla Sayyidina Muhammad Wa'alla Saiyayidina Muhammad)
3. Istighfar 3x (Astaghfirullah Hal Adzim Al Lazhi Laa Illaha Huwaa Hayyul Qayum Wa Atubu Illaih)
4. Asbih Terbaik 3x (Subhanallah Walhamdulillah Walaa Illaha Illallah Wallahu Akbar)


Doa Seribu Dinar
Doa Seribu Dinar Ini Sebenarnya Berasal Dari Salah Satu Surat Dalam Alquran YaituAt Talaq Ayat 2-3:
(2) فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

(2) Fa Iza Balagna Ajalahunna Fa Amsikuhunna Bima'rufin Au Fariq Hunna Bima'rufiw Wa Asy-Hidu Zawai'adlim Minkum Wa Aqimusy-Syahadata Lillah, Zalikum Yu'azu Bihi Mang Kana Yu'minu Billahi Wal-Yaumil-Akhir, Wa May Yattaqillaha Yaj'al Lahu Makhraja.

Artinya: (2) "Apabila Mereka Telah Mendekati Akhir Iddahnya, Maka Rukuklah Mereka Dengan Baik Atau Lepaskanlah Mereka Dengan Baik Dan Persaksikanlah Dengan Dua Orang Saksi Yang Adil Di Antara Kamu Dan Hendaklah Kamu Tegakkan Kesaksian Itu Karena Allah.

(3) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Demikianlah Diberi Pengajaran Dengan Itu Orang Yang Beriman Kepada Allah Dan Hari Akhirat. Barangsiapa Bertakwa Kepada Allah Niscaya Dia Akan Mengadakan Baginya Jalan Keluar,"
(3) "Dan Memberikan Rezeki Dari Arah Yang Tidak Disangka-Sangka Dan Barangsiapa Yang Bertawakal Kepada Allah, Niscaya Allah Akan Mencukupkan Keperluannya.
Sesungguhnya Allah Melaksanakan Urusan Yang Dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Telah Mengadakan Ketentuan Bagi Tiap-Tiap Sesuatu,"





Bacaan Doa Yang Dapat Dipanjatkan Di Pagi Hari, Tepatnya Setelah Sholat Subuh, Sesuai Ajaran Rasulullah Saw.

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma Inni As-Aluka ‘Ilman Naafi’a Wa Rizqon Thoyyibaa Wa ‘Amalan Mutaqobbalaa.
Artinya: Ya Allah, Sungguh Aku Mohon Kepada-Mu, Ilmu Yang Bermanfaat, Rizqi Yang Baik, Dan Amalan Yang Diterima. (Hr. Ibnu Majah)


Doa Agar Hati Tenang Dan Dimudahkan Urusan

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab Latin: La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin.

Artinya: "Bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Engkau. Maha Suci Engkau, Sesungguhnya Aku Adalah Termasuk Orang-Orang Yang Zalim."


Doa Agar Hati Tenang Dari Berbagai Keburukan

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Arab Latin: Allahumma Inni A'udzu Bika Minal 'Ajzi, Wal Kasali, Wal Jubni, Wal Haromi, Wal Bukhl. Wa A'udzu Bika Min 'Adzabil Qobri Wa Min Fitnatil Mahyaa Wal Mamaat.

Artinya: "Ya Allah, Aku Berlindung Kepada-Mu Dari Kelemahan, Rasa Malas, Rasa Takut, Kejelekan Di Waktu Tua, Dan Sifat Kikir. Dan Aku Juga Berlindung Kepada-Mu Dari Siksa Kubur Serta Bencana Kehidupan Dan Kematian."




Doa Kelapangan Hati

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Arab Latin: Robbisrohlii Sodrii, Wa Yassirlii Amrii, Wahlul 'Uqdatam Mil Lisaani Yafqohu Qoulii'


Artinya: "Ya Rabbku, Lapangkanlah Untukku Dadaku, Dan Mudahkanlah Untukku Urusanku, Dan Lepaskanlah Kekakuan Dari Lidahku, Supaya Mereka Mengerti Perkataanku."
Doa Agar Hati Ditetapkan Dalam Hidayah

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Arab Latin: Rabbana La Tuzigh Qulubana Ba'da Idz Hadaitana Wahablana Min Ladunka Rahmatan Innaka Antal Wahhab.


Artinya: "Ya Tuhan Kami, Janganlah Engkau Jadikan Hati Kami Condong Kepada Kesesatan Sesudah Engkau Beri Petunjuk Kepada Kami, Dan Karuniakanlah Kepada Kami Rahmat Dari Sisi Engkau; Karena Sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (Karunia)."





Doa Agar Dimudahkan Urusan Dunia Dan Akhirat

Doa Versi Pertama (Doa Sapu Jagat)

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin: Rabbanā, Ātinā Fid Dunyā Hasanah, Wa Fil Ākhirati Hasanah, Wa Qinā 'Adzāban Nār
Artinya: "Ya Tuhan Kami, Berilah Kami Kebaikan Di Dunia Dan Kebaikan Di Akhirat, Dan Lindungilah Kami Dari Azab Neraka." (Qs Al Baqarah: 201).

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Bacaan Latin: Robbanaa Aatinaa Minladunka Rohmataw Wahayya Lanaa Min Amrinaa Rosyada).
Artinya: "Wahai Tuhan Kami, Berikanlah Rahmat Kepada Kami Dari Sisi-Mu Dan Sempurnakanlah Bagi Kami Petunjuk Yang Lurus Dalam Urusan Kami," (Qs Al Kahfi: 10).

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Bacaan Latin: Robbanaa Laa Tuaa Khidznaa Innasiinaa Au Akhtho'na, Robbanaa Walaa Tahmil 'Alainaa Ishran Kamaa Hamaltahuu 'Ala Al Ladziina Min Qoblinaa, Robbana Walaa Tuhammilnaa Maa Laa Thoo Qatalanabih, Wa' Fuanna Waghfirlanaa Warhamnaa, Anta Maulana Fansurnaa 'Ala Al Qaumilkaafiriin

Artinya: "Ya Tuhan Kami, Janganlah Engkau Hukum Kami Jika Kami Lupa Atau Salah. Ya Tuhan Kami, Janganlah Engkau Bebankan Kepada Kami Beban Yang Berat Sebagaimana Engkau Bebankan Kepada Orang-Orang Sebelum Kami. Ya Tuhan Kami, Janganlah Engkau Pikulkan Kepada Kami Apa Yang Tak Sanggup Kamu Memikulnya. Beri Maaflah Kami, Ampunilah Kami, Dan Rahmatilah Kami. Engkau Penolong Kami, Maka Tolonglah Kami Terhadap Kaum Yang Kafir," (Qs Al Baqarah 286)

You May Also Like

0 comments