PERBEDAAN COTTON FLEECE DAN BABY TERRY

by - December 23, 2017



Sweater atau hoodie adalah jenis pakaian yang identik dengan baju hangat, oleh karena itu sebagian besar hoodie kebanyakan berbahan dasar agak tebal. Hoodie di buat dengan berbagai jenis, yaitu hoodie jumper dan hoodie zipper dan dapat diaplikasikan dengan bordir komputer ataupun sablon.

Berikut adalah perbandingan antara bahan fleece dan bahan bebyterry yang umum digunakan dalam pembuatan sweater/hoodie di NEC Shop Kpop.


Bahan Fleece

Bahan kain fleece adalah finishing dari produk tekstil yang merupakan imitasi dari wol. Karena imitasi dr wol, otomatis fleece memiliki kehangatan dan kelembutan yangg dirancang agar sama seperti wol. Dalam dunia per-clothing-an, para insinyur clothing banyak yang menggunakan bahan fleece untuk diaplikasikan menjadi sebuah produk seperti jumper (atau bahasa inggrisnya hoodie), jaket, dan celana. Hampir sama dengan bahan babyterry, bahan fleece juga lembut, berbulu halus dan hidrofobik (menyerap air). Bahan ini terbuat dari 100% cotton. Dan katun fleece ini juga adalah varian yang terkenal paling lembut dan nyaman. Bagi yang suka keluar atau berada di daerah pegunungan yang dingin, bahan fleece lebih disukai karena lebih mampu menahan panas tubuh dibanding babyterry. Namun jika di siang hari terutama di daerah perkotaan bahan ini bisa membuat gerah karena ketebalannya. Bahan fleece mempunyai harga yang lebih mahal dibanding bahan babyterry.



Kelebihan :
Katun Fleece Hangat, Ringan dan Lembut. Jaket atau sweater berbahan dasar kain katun fleece sangat hangat.  Jika kamu pergi ke toko jaket dan di sana terdapat berbagai macam jaket hangat, pastikan kamu memilih jaket berbahan fleece karena kain fleece lebih hangat dibandingkan kain lain meskipun beratnya sama. Jaket katun fleece sangat ringan. Dibandingkan dengan kain yang lain, kain fleece memiliki rasio berat dan kehangatan yang sangat baik. Dengan berat yang sama, kain fleece lebih hanga dan ringan dibandingkan dengan kain lain. Jaket fleece sangat lembut. Sudah tidak dapat dibantah lagi bahwa kain fleece merupakan kain paling lembut diantara kain tebal yang lain seperti wool. 


Sisi luar bahan cotton fleece sama seperti bahan cotton combed ( bahan kaos ), permukaannya rata, lembut dan mempunyai permukaan dalam yang berbulu halus.

Katun Fleece Cocok dipakai Pada Saat Cuaca Buruk. Saat cuaca dingin, jaket katun fleece memberimu kehangatan. Saat cahaya matahari sedang terik, jaket fleece melindungi kulitmu dari sengatan matahari.

Katun Fleece Sangat Elastis. Keelastisan kain katun fleece ini membuat jaket berbahan fleece mudah dilipat. Jaket yang tebal pun dapat dilipat menjadi sangat kecil sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, jika berat badan kamu bertambah, kamu tidak perlu khawatir karena jaket berbahan fleece sangat elastic.

Kekurangan :
Dibalik kelebihannya yang banyak ternyata bahan katun fleece juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

Lebih Mahal. Ternyata jika dibeli dalam jumlah banyak, kain katun fleece lebih mahal. Itulah sebabnya mengapa konveksi lebih memilih bahan lain untuk proses pembuatan pakaian.




Bahan Babyterry


Kain baby terry adalah kain yang pada bagian perutnya memiliki “loop” kecil dan terkenal dengan kelembutan dan serap tinggi. 

Jenis kain baby terry ini awalnya dikenal di pasar Indonesia dengan nama kain terry tetapi kini lebih familiar dikalangan pedagang kain dan pembeli dengan istilah kain baby terry.



Bahan ini lembut, lentur dan mampu menyerap air karena terbuat dari katun (serat kapas) 100 % cotton.  Kemampuan daya serap yang tinggi ini karena kain ini dibuat dari bahan katun dimana jenis ini memang dikenal memiliki daya serap yang tinggi, selain dari bahan baku material kemampuan daya serap tinggi dari kain baby terry juga karena loop yang dipotong membentuk tumpukan lembut pada satu atau kedua sisi kain. Loop meningkatkan serap kain dengan membuat luas permukaan lebih tersedia.


Banyak sekali orang yang menyukai pakaian dan jaket berbahan baby terry, karena bahan dasar yang lembut sehingga membuat orang yang memakainya terasa sangat nyaman saat menggunakannya, serta kainnya terasa dingin dan tidak panas, halus, gak berbulu, bagian dalamnya lembut seperti selimut. 

Bahan ini disukai karena lembut, dingin dan ringan, terutama cocok untuk dipakai di daerah tropis di siang hari. Walaupun ringan dan tipis, bahan babyterry juga mampu menahan panas tubuh pada malam hari karena mempunyai bulu-bulu halus seperti halnya selimut yang terbuat dari katun. 



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BAHAN KAIN KATUN BABY TERRY
Kelebihan :
Berikut adalah kelebihan dari bahan baby terry:

Lembut, Halus dan Ringan. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa mereka lebih memilih pakaian atau sweater berbahan katun baby terry dibanding lainnya. Karena sangat lembut dan halus maka sangat cocok untuk kulit bayi dan juga anak-anak. Selain itu, para orang dewasa juga menyukainya karena lebih nyaman ketika dikenakan.

Mudah Menyerap Keringat. Selain lembut, ternyata bahan ini sifatnya mudah sekali menyerap keringat sehingga Anda tak perlu repot mengeringkannya. Bahan cotton baby terry juga membuat pakaian tau sweater Anda jadi tidak mudah bau akibat terkena keringat.

Hangat Namun Tidak Gerah. Saat cuaca sedang dingin dan berangin, pakaian atau sweater berbahan baby terry mampu memberikan rasa hangat karena menahan panas dari suhu tubuh. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya saat cuaca panas seperti di siang hari. Hal ini dikarenakan bahan tersebut memiliki sifat adem, mudah menyerap keringat, dan memiliki tekstur rongga sehingga udara mudah keluar masuk.



Kekurangan :
Dibalik kelebihannya yang banyak ternyata bahan baby terry juga memiliki kekurangan, antara lain sebagai berikut:

Kurang Awet. Karena tipis, ringan, dan sifat kainnya yang kurang rapat maka mengakibatkan pakaian jadi tidak awet. Apalagi jika terlalu sering digunakan dan dicuci menggunakan mesin cuci, pasti akan cepat merusaknya.

Lebih Mahal. Ternyata jika dibeli dalam jumlah banyak, kain cotton baby terry lebih mahal. Itulah sebabnya mengapa konveksi lebih memilih bahan lain untuk proses pembuatan pakaian.

Mudah Melar. Bahan ini juga mudah sekali melar karena sifat kainnya tidak rapat dan banyak rongga, terlebih lagi pada baju sweater


You May Also Like

1 comments