GIMANA CARANYA NGGAK PARNO PAS ONLINE SHOPPING?

by - October 26, 2016


Penyakit orang yang mau belanja online mostly adalah “ketakutan”. Takut ditipu, takut barangnya nggak sesuai, takut size-nya nggak fit in, atau paling parah takut sama seller-nya yang galak! Don’t worry sista, we don’t need to be afraid anymore if we do these things..

MAKE A COMPARISON
Be a good researcher. Coba kita berseluncur di dunia maya dengan nyari-nyari olshop lain. Biasanya online shop yang berbeda-beda punya barang yang sama persis. Tapi, seller ‘nakal’ atau reseller bakal mematok harga yang jauh lebih mahal dari harga aslinya. Nah, siapa tau dengan nyari online shop lewat hashtag atau keyword tertentu, kita bisa dapetin barang lebih murah dengan kualitas yang sama. Liat juga apakah harga yang tertera di situ adalah harga yang udah termasuk ongkos kirim atau belum. Kalo udah, berarti tugas kita adalah ngecek ongkos kirimnya di website delivery service yang terpercaya, misalnya kayak di cekresi.com atau jne.co.id.

FIND A TRUSTED ONLINE SHOP
How we know the online shop is credible? Kita bisa kok liat dari followers-nya. Tapi hati-hati karena di zaman sekarang banyak seller yang nggak bertanggungjawab bisa beli followers. Jadi coba deh liat apakah online shop itu juga nge-posting testimony atau komentar dari pembeli yang udah pernah beli barang di online shop itu. Cek juga apakah pembeli itu puas sama kualitasnya. Inget, pembeli bakalan dengan sukarela kasih feedback kalo emang pelayanan dari seller-nya baik dan barang yang dijual emang bener-bener on good quality.

PROVIDE REAL PICTURES
Ini yang penting buat sista yang takut barang yang dibeli nggak sama kayak fotonya. Kita yang sering beli barang di online shop pasti satu dua kali pernah dapet barang yang beda jauuuhh banget sama yang dipake modelnya. Emang sih, badan model emang ‘tricky’ banget buat bikin produk pakaian keliatan bagus, mahal, dan halus. Inilah yang sering bikin orang salah sangka dan ngira kalo baju itu juga bakalan keliatan bagus di badannya. Nyampe di rumah, boro-boro bagus… jahitan bajunya kadang cuma dibikin asal, potongan kain jelek, pokoknya big no no banget deh! Nah dengan adanya foto asli dari produk yang dijual di online bakal sedikit meminimalisir kita buat beli barang yang nggak zonk nantinya.

GOOD CUSTOMER SERVICE
Coba cari deh online shop yang menyediakan fitur live chat di website-nya. Biasanya kalo online shop punya fitur ini, dia udah punya niatan yang baik buat ngelayanin pembelinya. That’s because buyers have tons of question to be asked to the seller. Ada aja pertanyaannya, kayak gimana masukin barang yang dipilih ke shopping cart, gimana metode pengiriman barangnya, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang bejibun dan kadang aneh. But yeah, pembeli adalah raja. Trus gimana kalo kita nggak belanja di website, tapi di mobile application such Instagram atau Facebook? Nah, biasanya mereka akan provide contact yang bisa dihubungin. Coba aja tanya-tanya dulu, kalo pembelinya ramah dan terbuka berarti kita bisa mempercayai online shop-nya. Tapi kalo udah galak, nyebelin, dan balesnya lama, duh! Mending pindah ke olshop lain deh…


CLEAR PAYMENT AND SHIPPING METHOD
Biasanya kalo online shop ini udah professional, dia nggak akan bingung kalo ditanyain soal cara pembayaran dan pengiriman barang. Dia udah punya cara-cara yang jelas biar customer-nya nggak bingung pas mau bayar dan gimana mereka bisa dapet barang yang udah dibeli. And yes, trusted sellers have prepared it before they’re asked about this. Kalo barang udah dikirim pun, pasti pembeli akan langsung cepet-cepet dikirimin nomor resi supaya bisa ngelakuin checking sendiri.


Source : gogirlmagz


You May Also Like

0 comments