HOW TO STAY UPDATE

by - October 04, 2016

Rasanya aneh kalo kita kesulitan buat tetep update, sementara internet dansocial media udah ada di genggaman setiap saat. But with the flooding information, it takes some skill to get the information we need without getting overwhelmed. Check out these tips!


  • FILTERING
Berita-berita di media elektronik di-update hampir tiap menit, bahkan detik,but of course we don’t want to spend too much time reading so many articles and information. Buat filtering, kita bisa pake cara manual dengan skimming baca judul-judul beritanya, atau kita bisa pake aplikasi RSS (Really Simple Syndication). AplikasiFeedly dan Kite misalnya, yang bisa ngumpulin berita di internet berdasarkaninterest yang kita pilih. It’s like ‘Instagram of news ’! atau bisa juga pake aplikasiNewspy, yang bisa nunjukkin berita mana yang paling penting saat ini. Atau langsung masuk ke website kayak Buzzfeed dimana kita bisa liat langsung berita-berita yang lagi paling banyak di-buzz saat ini.



  • MAKE A DATABASE
Kadang-kadang kita nggak bisa baca satu berita sampe abis di satu waktu.Don’t forget to store these news in our bookmarks, aplikasi kayak Pocket, Instapaper dan Readibility di hape, atau juga aplikasi kayak Simplenote yang bisa nyimpen berita atau foto menarik. Nantinya, kalo kita butuh baca berita ini lagi, we can always go back to it. Kadang, berita di masa depan mungkin akan nyambung lagi sama berita saat ini, so it’s good to keep the data.



  • FOLLOW THE RIGHT PEOPLE
Buat tetep update, kuncinya adalah dengan milih akun-akun kunci yang kitafollow di Twitter, Instagram, Youtube, atau blog mereka. Follow akun penyedia berita emang bagus, tapi kita juga bisa follow figur publik dengan interesttertentu. Biasanya, orang-orang ini bakalan ngomongin isu yang paling ‘panas’ di areanya, firsthand. Contohnya nih, kalo mau tau isu-isu remaja, kita bisa follow @benablog atau @pandji. Beberapa blog juga informatif banget, dari yang fokus ke desain kayak thefoxisblack.com, sampemotivasibeasiswa.org buat yang pingin tau info dan tips tentang dapetin beasiswa.



  • TALK TO PEOPLE
Baca berita emang menyenangkan, tapi banyak juga hal-hal yang kita baru bisa tau lewat ngobrol sama temen-temen. Maybe they use new cool beauty product that works for them, tempat wisata baru yang oke buat dikunjungin, atau malah makanan yang ternyata bahaya karena temen kita sempet sakit setelah makan itu. Plus, we can discuss the news we read with them, to get another perspective.


  • READY TH NEW BOOKS
Mungkin sekarang kita nyaman baca berita-berita yang cuma 140 karakter atau 3 paragraf pendek, but books can give us more depth information about something.Misalnya, kita tau gaya-gaya terbaru Alexa Chung lewat foto-foto di Instagramnya, tapi buat tahu pemikiran-pemikiran dan inspirasi dia, lebih lengkap kalau kita baca bukunya yang ‘It’. Atau kalo kita sering denger tentang Malala, cewek yang berani memperjuangkan pendidikan buat cewek-cewek di Pakistan dan berhasil ngedapetin Nobel Peace Prize, kita bakalan lebih tau cerita lengkapnya dan kondisi pendidikan cewek di Pakistan di buku ‘I Am Malala’.



  • GET ALERTED
Gimana kalo kita ngerasa nggak punya waktu buat nyari berita tentang topik yang kita suka? Kita bisa lho ngegunain Google Alert buat ngirimin email berita, video, atau blogpost tentang  satu topik tertentu. Tinggal masuk kesini, masukkin kata kuncinya, dan tentuin aja mau dapet email setiap jangka waktu berapa lama. Google will sort it out for you.



  • SUBSCRIBE TO KEY NEWSPAPER / MAGAZINE
Majalah dan koran tertentu, yang harian, mingguan, maupun bulanan, bisa juga bantu kita buat filter berita-berita yang paling menarik. Majalah biasanya udah ngelakuin kurasi duluan tentang berita apa yang pantes masuk dan dibahas dalam jangka waktu seminggu atau sebulan. Kita bisa milih satu atau dua majalah kunci aja di topik yang kita suka, yang udah terkenal paling terpercaya. Misalnya, kalo pengen tau hal terbaru tentang politik dunia, kita bisa liat website majalah TIME atau subscribe majalahnya, dan kalo pengen tahu tren fashion tertentu dan lifestyle, bisa baca Gogirl! di Indonesia atau Teen Vogue sebagai majalah internasionalnya.



  • GET INVOLVED IN FORUMS
Saat ini, udah banyak forum-forum yang ngumpulin orang-orang denganinterest yang sama, dari TV show, fashion, beauty, kuliner, dan masih banyak lagi. Dengan ikutan ke forum-forum itu, we’re definitely in tune with the recent update issue people care about. Belum lagi, setiap orang akan saling ngegabungin informasi satu sama lain.


You May Also Like

0 comments