EXPLORE INDONESIA : ITINERARY SAAT BERKUNJUNG KE SOLO

by - September 17, 2018

Mau ke solo tapi bingung mau kemana saja dan budget yang diperlukan berapa? yuk simak perjalanan kami ke solo selama 2 hari . 

HARI PERTAMA


KEBERANGKATAN: Keberangkatan dari Cirebon pukul 05:00 WIB dan sampai di Stasiun Solo Balapan pukul 10:47 WIB. (TIKET KERETA 245.000 PER ORANG) (Biaya transport dari stasiun ke penginapan menggunakan angkutan online Rp.4.000) 


SAMPAI SOLO: Kemudian dari Stasiun langsung menuju penginapan yang tak jauh dari stasiun untuk menitipkan barang yang dibawa agar barang bawaan tidak terlalu banyak. Alhamdulillah bisa langsung check in padahal seharusnya bisa check in pukul 14.00 WIB. (Penginapan Rp.198.000/malam sudah termasuk makan pagi)

SAMPAI PENGINAPAN : Pukul 11.00 WIB istirahat sampai pukul 12.30 WIB sekalian sholat duhur.



MENUJU PASAR ANTIK TRIWINDU ( Triwindu Market Ngarsopuro, Jl. Diponegoro, Ngarsopuro, Banjarsari, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131)  : Pukul 12.30 WIB menuju ke pasar triwindu .  Berada di pasar sampai pukul 14.00 WIB . Kemudian jalan-jalan sambil mencari spot foto kece di sekitar pasar triwindu solo.(Biaya transport dari penginapan ke pasar triwindu menggunakan angkutan online Rp.4.000) 













MENUJU PURA MANGKUNEGARAN SURAKARTA : Cukup jalan kaki dari pasar antik triwindu . Kira-kira 4 menit jalan sudah sampai. Biaya masuk 10,000 per orang. Di sana juga harus dipandu oleh pemandu (untuk biaya pemandu seikhlasnya saja. Nanti akan diajak mengelilingi istana dan juga tempat tinggal pangeran (untuk tempat tinggal pangeran tidak diizinkan di shoot ya) oh ya juga tidak diizinkan menggunakan sepatu/sandal ya (jadi nanti sepatu/sandal harus dimasukan ke kantong kresek yang telah disediakan oleh pemandu.





















MENUJU KAMPUNG BATIK KAUMAN : Bisa menggunakan transportasi sekitar seperti becak, angkotan, bus, atau transportasi online (kalau saya waktu itu jalan kaki jadi lumayan lama jalan . hahaha) 





PULANG KE PENGINAPAN : Sekitar pukul 17.00 WIB pulang ke penginapan . (Biaya transport dari Kauman ke penginapan menggunakan angkutan online Rp.10.000)


MALAM HARI bisa jalan ke MALL sekitaran tempat penginapan  (kebetulan saya waktu itu nginepnya di belakang paragon solo mall jadi tinggal jalan kaki 5 menit sudah sampai).





HARI KE DUA


MENUJU WISATA KERATON KASUNANAN :  Keraton Surakarta Hadiningrat, Baluwarti, Pasar Kliwon, Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144 (keraton kasunanan) .  Biaya masuk Rp.10.000 bisa muter-muter museumnya (waktu ke sana pas mau malam satu suro, jadi tidak diizinkan ke keratonnya *sayang banget :(*  jadi hanya mengitari museumnya saja.  (Biaya transport dari penginapan ke keraton kasunanan menggunakan angkutan online Rp.8.000) 




























MENUJU PASAR KLEWER  : Pasar Klewer Baru, Ps. Klewer Tim., Jl. DR. Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155 . tidak jauh dari keraton kasunanan bisa langsung menuju ke sini untuk belanja berbagai macam batik (harus bisa nawar, kalo bisa ngomongny a pakai bahasa jawa ya biar ngga dimahalin harganya, haha) (Biaya transport dari keraton kasunanan ke pasar klewer menggunakan becak Rp.20.000) 

MENUJU PUSAT GROSIR SOLO (PGS) : Masih menggunakan becak (jadi tak perlu membayar lagi. karena sudah paketan 20.000 diantar mengelilingi pasar dan ditungguin) silahkan berbelanja dan banyak nawar aja karena harganya bisa beda dengan tag harga di barang yang akan dibeli. harus teliti ya. 




MENUJU HOUSE OF DANAR HADI : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57141 . Untuk ke museumnya dikenakan biaya sebesar Rp.35.000 per orang sudh termasuk tour guide nya (TIDAK DIIZINKAN MEMBAWA KAMERA KE DALAM / MEMOTERET kecuali saat di tempat pembuatan batik).Di sini akan diajak keliling melihat sejarah dari batik dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga batik negara lain di zaman penjajahan dulu. (Biaya transport dari Pusat Grosir Solo ke House of danar hadi  menggunakan angkutan online Rp.10.000) 








MENUJU KE PENGINAPAN : Istirahat dari pukul 16:00 - 18: 20 WIB (Biaya transport dari House of danar hadi menuju penginapan menggunakan angkutan online Rp.4.000) 



MENUJU PASAR MALAM (NGARSOPURO NIGHT MARKET) : Buka setiap hari sabtu dan minggu saja . Banyak yang jual makanan, batik juga, dan banyak hiburan di sana. (Biaya transport dari Penginapan ke Ngarsopuro night market  menggunakan angkutan online Rp.8.000) 


PULANG KE PENGINAPAN : Istirahat .


HARI KE-TIGA 
KONDANGAN
PULANG KE CIREBON

Semoga bisa membatu ya itinerary nya,, 


Salam.





You May Also Like

0 comments